Adaptasi Skala DAILY SPIRITUAL EXPERIENCE SCALE (DSES). Psikologi Agama

Translator 1: Ryan Ermanda
Translator 2: Dwiva Yulia
Back Translator 1: Rakhmat Abril Khalis
Back Translator 2: Trisiawati


Sri Wahyuni
1111070000115
Daily Spiritual Experience Scale (DSES)
15 item laporan diri mengukur pengalaman spiritual. Secara khusus bertujuan untuk mengukur pengalaman spiritual yang biasa dilakukan atau sehari-hari, bukan pengalaman mistik (seperti, mendengar suara-suara) - dan bagaimana semua itu adalah bagian dari kehidupan sehari-hari individu. 15 item kuesioner pertama diukur pada 6 point jenis skala Likert: beberapa kali sehari, setiap hari, hampir setiap hari, beberapa hari, sesekali, dan tidak pernah atau hampir tidak pernah. Item 16 diukur pada skala 4-point: Tidak Dekat ada di Semua, Sedikit Dekat, Sangat Dekat, jarak sedekat mungkin.









DSES
Instrument self-deskripsi dibuat dan dirancang oleh Underwood dan Teresi (2002). Peneliti memungkinkan mengukur pengalaman spiritual sebagai aspek penting dari spiritualitas/religiusitas dalam kehidupan sehari-hari. Skala dengan 16 item termasuk konstruksi seperti rasa takut, rasa syukur, pengampunan, rasa persatuan dengan transenden, cinta kasih, dan keinginan untuk kedekatan dengan Allah. Alat ukur pada awalnya dikembangkan untuk studi di bidang kesehatan, tetapi telah semakin banyak digunakan, yang secara luas dalam ilmu-ilmu sosial, program penilaian, dan untuk memeriksa perubahan dalam percobaan agama / spiritual dari waktu ke waktu.
Prosedur ini adalah untuk menghasilkan model dua faktor: Faktor 1 ditetapkan sebagai hubungan vertikal (Tuhan / Transenden), yang terdiri dari 12 item (misalnya, Pertemuan pada agama atau spiritualitas), α = 0,87. Faktor 2 dicirikan sebagai hubungan horizontal (manusia / orang lain), yang terdiri dari tiga item (misalnya, Saya merasa peduli tanpa pamrih pada orang lain), α = 0,59.
Item 2 dan 10 karena tidak signifikan berkorelasi dengan salah satu faktor, maka tersingkir dari analisis. Hasil analisis menunjukkan beberapa skala konsisten dengan faktor pertama yang memiliki alpha Cronbach tinggi: 0,87 Dengan item 11 dan 16 adalah 0,92 tanpa item 16. Untuk koefisien Faktor-2 terletak di 0,59., tetapi tidak termasuk item 14 naik sampai ke 0,61, masih nilai dianggap rendah, tentu mencerminkan terbatasnya jumlah item.
15 item pertama biasanya dicetak bersama sebagai nilai skala penuh - skor disimpan terus menerus. Item 16 adalah mencetak gol secara terpisah.

Source: 
Author, F. (n.d.). Self Report Measures for Love and Compassion Research: Spiritual Experience & Religiosity. Fetzer Author, 1-3.
Beltrão, A. G. (2012). Internalização das motivações para o perdão e seus efeitos sobre os. MESTRADO INTEGRADO EM PSICOLOGIA, 37-38.



Postingan populer dari blog ini

Syarat TES yang baik