Pinocchio (Film Korea)



Aku bisa dikenal sama teman-teman kosan itu orang yang ga suka film. apalagi film korea yang bisa berpuluh-puluh episode. bisa dibilang, males mengikuti alur ceritanya dan menghabiskan waktu buat mikir itu jalan cerita mau kemana. Ssst, tapi sebenernya kalo lagi ga bener, pasti iseng-iseng so suka sama film korea, atau film-film apa gitu yang temen-temen tonton.

Contohnya aja kaya temen yang baru aja update status "Waah, pengen banget nonton surga yang tak dirindukan", jadi sok komen dan nanya-nanya. entah nanya yang penting atau ga penting. "emang filmya gimana? emang seru? jadi pengen.. padahal di hati ga ikut-ikutan ngetik tuh tulisan. tapi karena, persuasi temen yang mau nonton, sedang nonton, atau sudah nonton itu lebih kuat dari hati yang ga respek. akhirnya, ajak temen juga ke bioskop buat beli tiket nonton tuh film.

ada lagi nih, film korea yang berpuluhan episode,. karena lagi males aja di kamar sendirian, ga punya pulsa internet yang kenceng, dan lagi ga ada kerjaan. eh pas maen ke kamar sebelah, niatnya sih cuman mau ikut ngobrol atau tidur-tiduran. eh taunya mereka lagi nonton. mau diajak ngobrol, pasti mereka marah ga mau di ganggu. mau tiduran, takut kebablasan karena mereka lagi asik nonton, nanti jangan-jangan ketika aku ketiduran beneran mereka ga mau bangunin, dan biarin aku tertidur pules di kamarnya ampe pagi. akhirnya, ngintip-ngintip dikit ke laptopnya, dan so asik dengan film yang lagi berputar. Huaaam berkali-kali.. nanya juga puluhan kali. ampe temen aku yang tempramen bilang "ih, kamu tuh sri, ga liat dari awal sih. makanya liat dari awal. jadi kamu ga nyambung". haddduuh.. aku mengulum senyum, dan pura-pura pengen tidur.

ada juga, temen yang update-update kata hikmah di fb yang isinya "Tiada kisah yang sempurna, yang ada hanya Kasih Tuhan yang sempurna". ternyata itu kutipan dari fil 99 kali Rindu.. aku cuman tanya, wah itu film apa? nanti aku minta yah. dia bilang iya nanti blutut aja lewat hp yah, filmnya ada di hp. itu padahal cuman kata respect aku aja, nunjukkin aku dah baca status dia. tapi,, udah terlanjur bilang mau minta tuh film. akhirnya aku blutut aja tuh besoknya. pas dateng ke kosan, aku coba liat dikit-dikit, mungkin baru satu menit, terus ngajak temen lain. "hey, liat deh. ini film baru dari temen", mereka berbondong, narik-narik hp aku karena pengen nonton. berebut minjem laptop. karena aku mau ngerjain skripsweet aku gmw minjemin. haha. pinjem sama yang lain aja lah, kan aku dah kasih filmnya. he. (padahal, cuma input data aja sih). akhirnya ada ade kelas yang rela laptopnya d pinjem buat nonton rame-rame.. dengan mengambil posisi masing-masing, akhirnya aku pun mau ga mau ikut nonton dengan nyambi tiduran, eh taunya baru setengah perjalanan, mata udah sayup banget, dan entahlah tertidur pules di tengah-tengah keramaian. besoknya malah di ketawain sama yang lain. katanya cuman aku yang nonton ampe tidur gitu, yang laen mah ampe nangis, ini malah tidur. >_< haha

yang parah menjudge aku ga suka nonton tuh kosan yang lama. pasti aja, kalo diajak nonton bareng di laptop, sambil ngebuat suasana kaya dibioskop (lampu di matiin), laptop di tinggiin, kita berbaring di kasur. itu ngebuat aku enak aja gitu, buat tidur pules, ga ngikutin alur cerita.. pas besoknya pasti di bully ga suka nonton. makanya, paling anti mereka ngajak aku nonton korea. haha. makanya, kalo mereka mau nonton, ga pernah tu ngajak-ngajak.. hehe. aku lebih ngantuk emang kalo nonton klo dibanding baca. saat mereka nonton, kadang aku buka novel. hehe

tapi sekalinya aku udah suka tuh alur cerita, apalagi ada yang bilang film itu seruu banget, banyak hikmah yang bisa diambil. ga kepalang deh nontonnya. episode satu dah abis lanjut lagi, lanjut lagi, lanjut lagi. parah banget emang. >< itu sih baru kemaren tuh film Phinochio. yang di mainkan sama pemeran utama In Ha sama Dal Po. awalnya karena ketidak sengajaan, ngeliat temen lagi nonton itu. karena ga ada kerjaan, jadi ikut nonton. pas diliat itu film banyak jleb jlebnya ke hati. bener deh. lebih bisa nampar aku abis-abisan. itu sih langsung nonton inti masalah aja, ga liat akarnya dlu. alias belum nonton awal episode. karena udah tau ceritanya asik. akhirnya minta film itu. eh ga dik gk. emang ga niat minta. tapi karena aku cerita ama temen. "wah ternyata jadi reporteri itu....." lupa kalimatnya. eh, tau tau dia bilang gini. "kamu punya filmnya sri?" wah salah deh aku cerita. orang aku ga punya filmnya. akhirnya aku minta tuh ama yang punya. terus eh, pada pengen nonton di laptop aku. >< dan akhirnya berkorban lagi. minjemin laptop buat di pake nonton.. itu karena adek kamar pengen nonton dari awal sih... tapi akunya ikut aja. haha. ampe malem banget tuh tidur, bangun mata udah bengkak bengkak. :( .

udah lah pengantarnya. aku mau ceritain hikmah nonton film phinochio aja..
awalnya tu film nyebelin,, tau tau aku langsung liat pertengahan episode. tapi ga papa deh. supaya utuh aku ceritain dari awal episode aja yah.

awalnya nyeritain mengenai kebahagiaan sebuah keluarga, ayah yang mendidik anaknya dengan semangat, bangga sama anak-anaknya, mengajarkan anaknya untuk belajar yang tekun. yah pokoknya bahagia deh. anaknya juga bangga punya bapak yang berprestasi gitu. eh di tengah-tengah kebahagiaannya, ayah itu di fitnah menjadi pelaku kebakaran pabrik. padahal ayah mereka itu cuman ketua pemadam kebakaran, ia sih prestasinya hebat sebagai tim pemadam kebakaran, dia sangat berpengaruh.

ceritanya pas ada kebakaran, seperti biasa timnya langsung ke lokasi. semua dicoba untuk memadamkan, ada yang bilang sama dia "Pa, di dalam ada dua orang lagi yang terjebak di dalam gedung", akhirnya ayah itu masuk ke gedung yang penuh api bersama dengan temannya. entah itu rumor dari mana, ampe-ampe pas kebakaran selesai di padamkan ayahnya ga ada dan ga muncul ke permukaan. malah reporter (media tv) mengabarkan ayahnya itu kabur sembunyi dari permasalahan kebakaran pabrik. apa coba hubungannya? dia cuman mencoba buat mademin api, malah dikira dia yang nyebabin api itu ada. 

hasil dari fitnah itu keluarga mereka berantakan, ayahnya (menurut media masih hidup, tapi lagi sembunyi) ga muncul-muncul, kakaknya mati-matian untuk membersihkan nama baik ayahnya ke media tv, dan Ibunya stress ngadepin media dan hinaan orang-orang tentang suaminya dan dia (dal po:pemeran utama) karena masih kecil, yah paling cuman bisa nangis dan bilang ayahnya ga bersalah. tiba waktunya ibu dalpo itu putus asa. akhirnya ibu dalpo ngajak dalpo buat nyebur ke pantai. Dal po mungkin mikir kalo nyebur ke pantai itu asyik dan ga menimbulkan kematian kali yah, mau aja. hehe masih kecil sih.

hikmah yang diambil sementara di episode ini sih: aku ngambil, seberapa berat ujian yang datang, kita harus setegar batu karang untuk menghadapi. cari solusi dan menguatkan anak-anak, bukan malah nyeburin diri untuk bunuh diri. yah maklum. dia bukan agama Islam sih. (eh ko jadi bawa-bawa keyakinan). tapi emang sih, secara Islam mengharamkan bunuh diri. melukai diri sendiri aja ga boleh walaupun hanya ga makan 2 hari 2 malem..

nah, udah gitu ternyata si dalpo ini selamat dari percobaan bunuh diri ini. dal po diselamatin sama kakek-kakek. yang ternyata kakek ini tuh kakeknya si in ha (anak reporter jahat). dan dal po diangkat jadi anak nya. kakek ini, punya masalah psikologis yang berat, belum bisa nerima anak aslinya sudah meninggal. pas ketemu ki hya mung dia kira si dalpo anaknya. tapi dal po bersedia, dan bela-belain ngilangin identitas dirinya supaya penyakit kakeknya ga kambuh-kambuh.. Dal po (anak asli kakeknya) kan orangnya bodoh, nurut dan lain-lain. yah, mau ga mau, dalpo pun menjadi dalpo anak si kakek. yang bodoh. prestasi di kelasnya ga pinter-pinter amat. bahkan dapet julukan "All Zero" karena setiap ujian dia selalu dapet 0.

ah baca aja lah sinopsis nya, atau gk liat aja langsung filmya. yang bisa aku share itu hikmahnya aja yaah. cape ngetik n cari kata-kata yang bagusnya. nih simak. cek it out:
1. Cobalah bahagia dengan membahagiakan orang
2. Rubah dendam jadi profesional
3. Dalami ilmu, cintai dan aplikasikan
4. Integritas tinggi atas profesionalisme profesi
5. Cintai seseorang dengan jujur dan berani untuk memberikan harapan pasti
6. Sabar
7. Simpan kekesalan, karena rasa kesal bisa memudar. tetapi jika rasa kesal di luapkan jadi emosi dan melakukan kesalahan dalam bersikap itu berbahaya. bisa saja itu berlalu, tapi keberlaluannya akan berbekas dan terbayang akan masa (sejarah) yang buruk dari hidup kita sendiri.
8. Bilang yang haq itu haq dan yang bathil itu bathil.
9. Walaupun hati panas, tapi tetaplah cerdas dalam berfikir dan bertindak. 

Next time kalo inget lagi pasti ditulis (dilanjut). Makasii yaah. Masih belum move on nih film ini. >_<

20 Agustus 2015
@Depok
22.57
Shelma

Postingan populer dari blog ini

Syarat TES yang baik