Psikologi


Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia. Adapun secara bahasa psikologi dapat diartikan ilmu jiwa, Psi à jiwa , dan Logi à ilmu, atau biasa disebut ilmu jiwa. Namun jiwa tidak dapat diobservasi, karena jiwa dalam keadaannya adalah abstrak atau tidak terlihat, yang dapat diobservasi adalah manifestasi dari keberadaan jiwa tersebut, berupa perilaku dan hal-hal yang mempengaruhi perilaku.

Kadang kita keliru antara Psikologi dengan Psikiatri, dibawah ini akan kami sedikit menjelaskan perbedaan Psikologi dan Psikiatri.
Psikologi à Ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan lingkungannya, adapun teknik dari psikolog adalah hanya wawancara, konseling, observasi.
Psikiatri  à Cabang ilmu kedokteran mengenai penyakit-penyakit jiwa seseorang. Teknik yang dilakukan oleh psikoater dengan pemberian obat-obatan.

Tujuan Psikologi:
-          Untuk memahami perilaku manusia
-          Menentukan penyebab perilaku
-          Mendeskripsikan perilaku
-          Mengontrol perilaku

Alasan penelitian:
-          Untuk memperoleh pengetahuan
-          Untuk pemecahan masalah
-          Untuk memperbaiki suatu keadaan
-          Untuk memahami hal baru
-          Untuk menghasilkan sesuatu yang baru
-          Untuk memperbaiki kualitas kehidupan manusia
-          Untuk pengembangan suatu ilmu

Pendekatan-pendekatan dalam psikologi


Pendekatan Biologi
Pendekatan biologi dikaitkan dengan otak dan saraf.
Contoh penelitian: Epilepsi parah
Ketika seorang epilepsi duduk yang didepannya terdapat meja dan terdapat layar. Ketika seorang peneliti memberikan perintah kepada seorang epilepsi parah untuk menaruh tangan bagian kiri ditaruh dibelakang meja dan tangan bagian kanannya ditaruh diatas meja. Seketika muncullah kata ‘mur’ diatas layar tersebut, seorang penderita epilepsi parah tersebut mencoba meraih kata itu dengan menggunakan tangan bagian kanannya, namun ketika seorang peneliti bertanya apa yang sedang dilakukan olehnya. Seorang epilepsi tersebut tidak bisa menjelaskannya, dia tidak mengetahui apa yang sedang dia lakukan.
Otak terbagi menjadi dua, yaitu hemisfer kanan dan hemisfer kiri, ketika penderiti menyembunyikan bagian tangan kirinya, berarti hemisfer kanannya tidak berfungsi, karena hemisfer kanan untuk mempresentasikan apa yang dilihat. Dan hemisfer kiri untuk menggerakkan bagian tubuhnya.

Pendekatan Perilaku
            Menurut J.B Watson, tingkah laku pada dasarnya adalah respon atas stimulus yang datang. Pendekatan ini dipelopori oleh John B. Watson, dan banyak pengikutnya yaitu Pavlov dan B.F Skinner. Dalam pendekatan ini manusia bagaikan makhluk yang pasif.

Pendekatan Kognitif
            Manusia dapat berfikir, merencanakan, mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diingat dan memilih dengan cermat informasi mana yang membutuhkan perhatian

Postingan populer dari blog ini

Syarat TES yang baik