Decision Making (Pengambilan keputusan)

Pengambilan keputusan sesuatu yan selalu ditemui dimanapun kita berada. Oleh siapaun orangnya. Decision making ini bisa merupakan proses mental yang dilakukan seseorang untuk menjadi sebuah keputusan yang akan dilakukan. 

Semua orang yang koseling pun kebanyakan meiminta bantuan untuk mendorong ia dalam pengambilan keputusan, meminta dukungan mengenai dukungan dalam pengambilan keputusannya. Tidak usah jauh-jauh, contohnya saja teman kita. Mereka sering sekali meminta pendapat kita untuk pengambilan keputusan. Mulai dari keputusan warna baju yang akan digunakan esok hari, pergi atau tidaknya ia ke suatu tempat, pindahnya ia ke kosan baru sampai kepada pemilihan pasangan. Lalu, pertanyaannya. Apalagi proses pengambilan keputusan dengan melibatkan orang lain dalam prosesnya menjadikan seseorang sehat mental? Atau bahkan menjadi masalah mental? 

Penulis pun merasa bahwa saran orang lain dapat mempengaruhi penulis dalam pengambilan keputusan. Contohnya saja saat ingin masuk PTN, penulis menanyakan kepada teman, guru, orang tua untuk membantu pengambilan keputusan tersebut. 

Islam mengajarkan dalam pengambilan keputusan untuk melibatkan Allah didalamnya, hal ini menunjukkan keputusan yang terbaik adalah keputusan yang memiliki keputusan tertinggi, yaitu meminta petunjuk dari Sang Maha tahu. Umat muslim disarankan untuk melaksanakan shalat istikharah ketika ada dua atau lebih pilihan yang membingungkan dan juga untuk menetapkan hati dengan pilihan yang telah  dipilih.

Cara sahalat istikharah lah yang dilakukan oleh penulis untuk pengambilan keputusan pindah kosan. Pindah kosan bisa berpengaruh dengan kenyamanan hidup di kosan tsb sampai kepada orang yang berada di kosan itu. Akhirnya, dengan melaksanakan shalat. Penulis memiliki keputusan dengan otomatis dan mantap.

Shalat istikharah pun bisa mempertanggungjawabkan pilihannya untuk masa sekarang dan masa mendatang menjadi dengan baik. Buktinya penulis tidak memiliki hati ragu lagi ketika sudah pindah, tidak lagi terbayang kenangan indah di kosan lama dan suasana yang berada di kosan baru lebih mengarahkan ke yang lebih baik lagi bagi pribadi penulis.

Semoga shalat istikharah menjadi pilihan utama untuk umat muslim untuk mengambil sebuah keputusan. Selamat mencoba

Postingan populer dari blog ini

Syarat TES yang baik