PIONIR (Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset) 2013

PIONIR ini dilaksanakan pada tanggal 19-24 Agustus 2013 di IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten. saya mengikuti ajang ini dengan cabang lomba olahraga catur. kami satu tim UIN Jakarta dengan 88 orang kurang lebih mengikuti ajang nasional tingkat perguruan tinggi negeri seIndonesia ini di Serang Banten. UIN Jakarta membooking salah satu hotel di Serang.
kami berangkat pada tanggal 18 Agustus 2013 dari Ciputat pada pukul 11.00 dan sampai pada pukul kira-kira 13.30 WIB. kami menggunakan 2 bus sedang, dan bus mini beberapa.


Tim Catur UIN Jakarta sebelum keberangkatan

Hari pertama full rehat di hotel, dan refreshing di shofa depan kamar putera catur. persiapan untuk hari selasa, pembagian job lomba dan lain-lain. hari pertama sudah memulai psikosomatis, karena kecemasan yang tinggi dialami para peserta lomba. ada yang tiba-tiba sakit perut, ada yang pusing, dan banyak yang lainnya.

hari kedua pada tanggal 19 Agustus, kami menghadiri apel pembukaan pionir. hari kedua di serang ini cukup menambah panas dan cemas para calon petanding lomba di pionir.
malamnya, kita membuat berbagai strategi, agar semua lini lomba di catur dapat memenangkan medali. karena emas yang diperebutkan di catur sangat banyak, yaitu 27 emas. hal ini, menambah kekhawatiran para pemain catur, yang minim akan persiapan. termasuk saya didalamnya, saya baru bermain amatiran dan baru bergabung kembali di catur karena adanya ajang pionir ini. beban di pundak peserta lomba catur semakin berat. pembimbing lomba dari kampus pun selalu memberikan motivasinya kepada kami.

hari ketiga sampa hari jumat kami mengikuti lomba catur nasional tingkat perguruan tingggi islam seIndonesia di hotel Le-dian. mental para pemain ini semakin di adu, dengan 5 sesi lomba ini. dan ada tiga versi, cepat, kilat dan klasik. catur kilat dengan menggunakan waktu 5 menit, catur cepat 10 menit, dan catur klasik 45 menit.

hari pertama lomba tepatnya pada tanggal 21 Agustus, tim catur putera beregu berhasil mendapatkan 3 emas, hari kedua 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu, dan hari ketiga, 3 emas, 1 perak dan 2 perunggu. namun penghasilan emas perak dan perunggu hanya didapatkan oleh tim catur putera. kami tim catur puteri kalah tidak membawa emas satu pun.

ini foto bersama purek bagian kemahasiswaan Pa Noto di hotel Le-dian bersama satu tim catur dengan tdd10 orang

dan inilah suasana lomba catur nasional se perguruan tinggi agama islam se Indonesia.





dan foto dibawah ini, adalah foto sang juara dan foto bersama saat hari terakhir di hotel le-dian.



dan ini foto bareng artis saat di hotel le-dian



karena kami memenangkan lebih dari 5 emas, kami diajak makan oleh pembimbing kami di tepi jalan. dan hari sabtu tgl 24 Agustus 2013, kami mengikuti serangkaian acara penutupan acara pionir dan sebagai reward atas kemenangan tim UIN Jakarta prestasinya mendapatkan juara umum kedua kami jalan-jalan ke anyer Serang Banten. tapi, banyak diantara kami yang tidak urut serta dalam liburan atas kemenangan UIN ini, termasuk diantaranya tim catur. semuanya tidak mengikuti liburan ke Anyer, kami lebih memilih untuk pulang lebih awal ke Ciputat.
selamat untuk tim PIONIR 2013 UIN Jakarta atas kemenangannya juara umum kedua di PIONIR 2013 sePerguruan tinggi Islam se Indonesia


Postingan populer dari blog ini

Syarat TES yang baik